Huawei Mate 20 Akan Gunakan Fingerprint di Layar?

0
247
Huawei Mate 20 Akan Gunakan Fingerprint di Layar?
Huawei Mate 20 (source: net)

AndroidTerkini.com – Seperti yang kita tahu, Vivo Smartphone membuat sebuah gebrakan hebat melalui inovasinya melalui fingerprint sensor yang terintegrasi langsung dengan layar. Diperkirakan inovasi Vivo tersebut sepertinya akan menjadi inovasi tersendiri dimasa mendatang, bukan tidak mungkin jika smartphone dengan sensor jari yang tertanam pada layar akan menjadi tren ditahun ini.

Namun belum lama ini beredar kabar bahwa pabrikan smartphone asal China, yakni Huawei juga akan menggunakan sensor sidik jari pada layar lewat smartphone Huawei Mate 20. Jika dilihat teknologi tesebut memang menimbulkan kesan mewah, futuristik dan kecanggihan tersendiri untuk smartphone saat ini. Sehingga smartphone Vivo X20 Plus UD dan X21 yang pertama kali mengusung teknologi tersebut pastinya bakal banyak ditiru oleh vendor lainnya.

Huawei Mate 20 Akan Gunakan Fingerprint di Layar
(source: net)

Nantinya, smartphone Huawei Mate 20 ini akan memanfaatkan sensor buatan Qualcomm, sebenarnya Qualcomm sudah memperkenalkan sensor tersebur pada 2017 silam, namun Qualcomm baru akan mengaplikasikannya pada perangkat mobile pada tahun ini. Sensot fingerprint layar buatan Qualcomm ini sepertinya memiliki harga 3x lebih mahal dibanding sensor kapasitif biasa, tetapi akan memiliki ukuran yang lebih tipis.

Sensor layar yang dibuat Qualcomm ini mampu bekerja pada lapisan kaca dengan ketebalan 800μm hingga 1200μm. Berbanding sangat jauh jika dibandingkan dengan sensor sidik jari biasa yang hanya mampu bekerja pada ketebalan 200μm dan 300μm saja. Huawei Mate 20 ini tampaknya akan menjadi pesaing berat Vivo.

Beberapa vendor smartphone asal Tiongkok lainnya juga mengatakan bahwa mereka tidak tertarik untuk menggunakan sensor Face ID seperti yang diterapkan oleh Apple lewat iPhone X. Bukan karena alasan, harga sensor tersebut diketahui sangat mahal sehingga nantinya akan berpengaruh pada penjualan smartphone ketika sudah resmi dirilis.

Namun justru Huawei akan mencoba merilis smartphone dengan kemampuan menyerupai Face ID khusus pasar Tiongkok, hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat keinginan konsumen. Meski belum diketahui kebenarannya, Huawei Mate 20 tetap akan menjadi daya tarik bagi para pecinta smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here